Kiprah PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Indonesia telah menginjak 43 tahun. Berbagai pencapaian telah dicetak pabrikan asal Jepang ini, dan yang terbaru adalah produksi ke-7 juta unit di Tanah Air.
Perayaan pencapaian ini terhitung sejak pertama kali Daihatsu diproduksi di Indonesia pada tahun 1978. Acara perayaan ini berlangsung secara virtual, di akun platform pemutar video.
baca juga dealer mobil daihatsu
ADM sendiri, memulai produksi mobil secara utuh pada 1978, dan mencapai produksi ke-1 juta unit dalam waktu 27 tahun, yakni pada 2005.
Selanjutnya, produksi ke-2 juta unit tercapai dalam waktu lebih singkat, yakni 5 tahun setelahnya, atau tepatnya pada 2010.
Menyusul produksi ke-3 juta unit, tercapai pada 2013 hanya dalam selang waktu 3 tahun. Produksi ke-4 juta dan 5 juta unit, pada 2015 dan 2017, hanya membutuhkan waktu 2 tahun.
Sedangkan Produksi ke-6 juta unit pada 2019, dicapai kurang dari 2 tahun, dan pada Juli 2021 di tengah kondisi pandemi Covid-19, ADM berhasil mencapai produksinya yang ke-7 juta unit.
Dalam hal produksi, ADM memiliki fasilitas perakitan kendaraan terintegrasi yang modern di Sunter dan Karawang dengan total kapasitas produksi hingga 530.000 unit per tahun.
Dengan kapasitas ini, membuat produksi kendaraan di ADM dalam 5 tahun terakhir (2017-2021) berkontribusi rata-rata sekitar 40 persen dari wholesale sales pasar mobil domestik.
baca juga harga mobil daihatsu
Inovasi
Pencapaian ini juga tidak lepas dari inovasi ADM untuk Indonesia, melalui penerapan inovasi pabrik ADM di masa pandemi sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan pasar dengan standar kualitas global.
ADM juga terus adaptif dalam memproduksi kendaraannya secara optimal untuk mendukung program pemerintah dalam upaya menanggulangi melonjaknya kasus Covid-19, dan penerapan PPKM di Indonesia.
Dijelaskan Kurniawan Rahardono, Executive Officer PT ADM, pencapaian produksi ke-7 juta unit ini merupakan momentum penting bagi pabrikan.
Terlebih, di tengah kondisi pandemi hingga saat ini, yang pastinya berpengaruh terhadap industri otomotif secara keseluruhan, dan Daihatsu secara khusus.
"Daihatsu terus berkomitmen dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menyediakan produk terbaik sesuai permintaan dengan standar kualitas global," ujar Kurniawan Rahardono, dalam siaran pers yang diterima